About Us

Saya Ahadi Abdul. Saya bukan seorang akuntan. Background pendidikan saya adalah teknik sipil. Saya seorang pengusaha yang memiliki beberapa bisnis di bidang yang berbeda-beda. Di bidang pendidikan, saya menjalankan beberapa sekolah TK & Playgroup, di bidang kuliner saya memiliki counter Es Teler dan saya juga menjalankan bisnis jasa konstruksi dan developer perumahan.

Awalnya saya tidak ada minat sama sekali untuk mempelajari akuntansi atau keuangan. Bahkan seingat saya, nilai akuntansi saya ketika SMU dulu adalah 5. Itu adalah satu-satunya pelajaran akuntansi yang saya dapatkan secara formal. Untungnya saya masuk IPA dan kemudian kuliah di jurusan teknik sipil, jadi nggak perlu lagi ketemu dengan akuntansi yang membosankan itu.

Saya kena batunya ketika pada tahun 2006 mulai menjalankan bisnis saya yang pertama. Manajemen keuangan berantakan. Cashflow amburadul. Laporan keuangan? Boro-boro ada... Meskipun saya sudah merekrut karyawan keuangan yang sarjana akuntansi, rasanya urusan manajemen duit ini tetep aja bikin pusing...

Mau nggak mau nih, saya mulai belajar akuntansi. Saya belajarnya bukan lewat kursus atau lembaga pendidikan semi formal lainnya. Saya langsung belajar kepada staff saya, dengan studi kasus yang nyata, yaitu bisnis saya sendiri. Merasa masih kurang, saya beli buku-buku akuntansi populer di Gramedia. Mungkin kalo ditotal, saya sudah menghabiskan 1 jutaan rupiah, hanya untuk buku dengan tema akuntansi saja. Saya sengaja menghindari buku text book, baik untuk SMK maupun universitas, karena terlalu teoritis dan saya malah tambah pusing mempelajarinya.

Kebetulan saya ikut komunitas pengusaha yaitu Entrepreneur University dan Tangan di Atas, jadi banyak diskusi dengan teman-teman mengenai keuangan dan bisnis pada umumnya. Kami juga menggunakan jasa seorang akuntan profesional (bukan karyawan tetap perusahaan) untuk sesekali mengaudit beberapa unit bisnis kami. Dengan berdiskusi bersama konsultan tersebut, saya manfaatkan juga untuk menambah ilmu dan wawasan tentang akuntansi dan keuangan. Pokoknya kalo ada transaksi yang tidak saya pahami atau ada kosakata akuntansi yang menurut saya asing, pasti saya konsultasinya sama dia.

Hasil belajar lagi ilmu akuntansi dengan kasus yang nyata di bisnis saya, diperdalam dengan buku-buku akuntansi populer dan dipertajam dengan diskusi bersama staff keuangan serta akuntan profesional, mendorong saya untuk membuat sebuah "solusi" software akuntansi yang aplikabel.

Dulu, saya merasa akuntansi itu sulit dan membosankan, karena memang saya belum menemukan "kuncinya". Metode pengajaran akuntansi, didukung dengan buku-buku text book, memang tidak cocok untuk orang-orang lapangan, yang langsung ingin merasakan manfaat dari akuntansi tersebut. Akibatnya, sebagian besar pengusaha, apalagi pengusaha tingkat UKM dan masih pemula, sudah menyerah duluan ketika dihadapkan dengan problem keuangan. Menyerah karena merasa akuntansi itu sulit, dan berpikir bahwa itu adalah urusannya akuntan atau karyawan keuangan saja.

Betul, bahwa akuntansi atau keuangan dalam sebuah bisnis adalah bukan hal yang utama. Operasional bisnis tetaplah yang utama. Tapi, tanpa akuntansi atau manajemen keuangan yang baik, bagaimana kita bisa tahu apakah operasional berjalan normal atau terseok-seok?

Untuk itulah, saya mencoba memberikan jalan tengah untuk mengatasi jurang "kurva belajar" ini. Saya mencoba potong kompas, sebuah jalan pintas. Mengerti dan memahami akuntansi atau manajemen keuangan tidak harus melalui proses yang membosankan, seperti harus memilah-milah transaksi, mengelompokannya dalam akun tertentu, memposting ke buku besar, memposting ke neraca saldo, baru membuat laba rugi dan neraca. Itu semua adalah rutinitas dan membosankan! Saya potong proses itu, biarkan EXACT yang mengerjakan proses yang panjang dan rumit itu. User tidak perlu paham akuntansi, hanya berfokus pada logika umum dan hasilnya. Nantinya setelah terbiasa menggunakan EXACT, feeling dan logika-logika keuangan atau akuntansi akan terasah dengan sendirinya.

Ok, mungkin Anda sudah tidak sabar lagi untuk merapikan manajemen keuangan perusahaan Anda. Tidak usah buang-buang waktu dan uang untuk kursus akuntansi. Kasus nyata pada perusahaan Anda adalah sumber pelajaran terpenting. Dibantu dengan EXACT tentunya. Jangan korbankan produktivitas tim Anda untuk urusan tetek bengek administrasi. Fokuskan waktu dan tenaga mereka yang berharga untuk mengembangkan perusahaan, bukan untuk mengurusi administrasi. Pastikan EXACT sampai di tangan Anda atau staff keuangan Anda dalam 2-3 hari ke depan. Anda bisa memesannya hari ini juga.